Jun 2, 2009

Hari kedua dan ketiga di Washington DC

Hari kedua agenda kami adalah berkunjung ke markas World Resource Institute (WRI) dan kantor WWF US, kantor Departemen Luar Negeri di Washington DC serta Markas NOAA dan Sekretariat program Chesapeake Bay di University of Maryland.
Di WRI, kami bertemu dan berdiskusi dengan Kathleen Reytar dan Lauretta Burke. Keduanya merupakan staf dari People and Ecosystems Program. Dalam pertemuan tersebut mereka mempresentasikan update program Reef at Risk yang telah mereka publikasikan sejak 2006.
Tahun 2009 ini mereka sedang melakukan updating informasi dalam Reef at Risk edisi terbaru.
Setelah itu kami meluncur ke kantor WWF US. Kate Newman menyambut kami dan bercerita tentang program Coral Triangle WWF kepada seluruh peserta. Tidak terlalu baru bagi saya dan rekan dari WWF Hongkong, karena sudah sering berdiskusi tentang itu. Bahkan untuk tayangan webnya ... lebih tahu daripada rekan2 WWF US. Lucu kan...
Sesaat sebelum makan siang kami meluncur ke Maryland untuk menuju markas besar NOAA (National Oceanic and Atmoshperic Administration). NOAA merupakan lembaga penelitian dibawah Departemen Perdagangan US. Unik kan karena departemen yg mengurusi perdagangan punya lembaga penelitian sebesar NOAA ini. Karena kami tiba lebih awal maka kami putuskan untuk cari makan siang dulu di satu cafe kecil di sebelah markas NOAA ini.

Berbagai macam program di NOAA dipresentasikan oleh para penanggungjawabnya. Saking banyaknya sampai seperti lomba pidato. Diskusi udah gak terlalu sempat karena waktunya juga terbatas. Tepatnya udah waktunya orang mo pulang kantor jadi ya harus bubaran.
Hari ketiga di Washington DC kami meluncur dulu ke Kantor OES, dibawah DEPLU-US yang mengurus program kami ini. Kantor ini berada di gedung Harry Truman Building. Pada kesempatan ini kami bertemu dengan Rhonda L. Ferguson-Augustus. Dia sempat memberitahu kami partisipan dari Indonesia untuk menonton pidato Barrack Obama di University of Cairo besok pagi. Katanya kalian sebagai orang Indonesia akan bangga dengan apa yang disampaikan oleh Obama. Keesokan harinya saat bersiap untuk berangkat pagi hari kusempatkan menonton di TV, ternyata Obama menyebutkan Indonesia lebih dari 5 kali sebagai satu negara yang bisa menjadi contoh kerukunan beragama dan peningkatan peran perempuan yang berhasil. Wah berarti ibu itu udah baca bahan pidatonya dong, sampai bisa mengingatkan kami. Hmm
Siangnya kami makan siang di restoran di wilayah kampus Univ.of Maryland sebelum mengunjungi sekretariat Chesapeake Bay di Univ. of Maryland. Program ini merupakan salah satu contoh penerapan program Seagrant. Program ini merupakan kerjasama Perguruan Tinggi dengan pemerintah negara bagian dalam upaya meningkatkan penelitian tepat guna terutama dibidang pesisir dan kelautan. Kami bertemu dengan Dr. William C. Dennison, penanggungjawab program Seagrant di Univ. of Maryland ini.



No comments: